9 TIPS UNTUK MENJADI KARYAWAN YANG BERINTEGRITAS

9 TIPS UNTUK MENJADI KARYAWAN YANG BERINTEGRITAS

 

1. Hormati dan Ikuti Kebijakan Perusahaan

Kebijakan di tempat kerja dibuat untuk memandu karyawan tentang praktik terbaik mulai dari perilaku hingga cara berpakaian.

Dengan mengikuti kebijakan perusahaan, kamu sudah menerapkan cara menunjukan integritas dan membuat keputusan berdasarkan informasi, nilai, dan tujuan bisnis.

2. Selalu Siap Dalam Bekerja

Banyak dari kita mengenal orang-orang yang bersedia untuk mendelegasikan tetapi ragu-ragu untuk mengotori tangan mereka.

Sebaliknya karyawan dengan nilai integritas adalah mereka yang mau mengatur di luar pekerjaan mereka sendiri dan membantu orang lain jika situasi membutuhkan.

3. Bertanggung jawab atas kesalahan

Cara selanjutnya untuk menunjukkan integritas adalah dengan berani mengakui, dan bertanggung jawab atas kesalahan.

Tak perlu takut untuk mengakui kesalahan, karena pada dasarnya, manusia pasti pernah berbuat salah.

Mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan menunjukkan bahwa kamu jujur,dan terbuka terhadap masukan yang membangun.

Kedua sifat ini umum dimiliki bagi orang-orang dengan tingkat integritas kerja yang tinggi.

4. Menghormati pendapat orang lain

Perbedaan pendapat saat bekerja dalam tim tentu merupakan hal yang wajar terjadi. Cobalah untuk mendengarkan, menghormati, dan menerima pendapat orang lain.

Jika kamu nampak tidak setuju dengan pendapat tersebut, kamu bisa menyampaikan apa yang menurutmu benar, lalu menghormati keputusannya.

5. Menjaga barang milik orang lain

Salah satu cara menunjukan bentuk dari integritas adalah dengan menjaga barang milik kolegamu dengan baik, termasuk menjaga barang di perusahaanmu.

Menjaga barang milik orang lain dengan baik akan membawamu pada keuntungan, kamu akan lebih dipercaya jika kamu akan meminjam kembali barang tersebut.

Namun, apabila kamu merusaknya, tentu orang yang kamu mintai pinjam akan menolak.

6. Meningkatkan etos kerja

Bentuk integritas lainnya adalah meningkatkan produktivitas kerja dengan cara menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik sebelum tenggat waktu.

Ini bisa menjadi contoh bentuk integritasmu kepada atasan bahwa kamu sangat termotivasi untuk bekerja.

7. Pimpin dengan memberikan contoh

Bila kamu sebagai pemimpin, ada baiknya kamu konsisten memberikan contoh karena itu adalah salah satu sikap integritas. Gaya dan sikap kerjamu terhadap orang lain akan menjadi dasar yang kuat agar orang lain mengikutimu.

Tunjukanlah bekerja dengan standar yang tinggi dan profesional agar hasil kerja tim semakin baik.

8. Memenuhi janji

Kamu mungkin sering kali membuat janji terutama di tempat kerja. Berjanji kepada teman kantor, bos, atau pun timmu. Ingatlah bahwa hal yang terpenting dari berjanji adalah memenuhi janji tersebut.

Dengan memenuhi janji kamu dapat memegang omongan dan komitmenmu dengan baik.

9. Dorong tim untuk mengemukakan pendapat 

Cara meningkatkan kinerja tim agar tetap efektif dan kreatif adalah dengan memberikan ruang seluasnya kepada tim untuk mengemukakan pendapat.

Namun, ingat bukan berarti pendapat semua orang dapat diterima begitu saja. Melainkan dengan menumbuhkan diskusi kreatif yang jujur, kritis, berpikiran terbuka dan menghormati pendapat orang lain.

Kamu bisa memberi ruang yang besar untuk berdiskusi dengan mereka di samping mereka juga harus mau menerima kritikan yang membangun untuk menciptakan hasil yang lebih baik.

Kirim Pesan
Terima kasih telah berkunjung ke website kami
Silahkan lanjut ke Chat WA untuk info lebih lengkap...